loading...

Friday, February 7, 2020

Pengenalan Arduino




Arduino merupakan platform prototyping open-source hardware yang    mudah    digunakan    dalam    membuat    suatu    projek    berbasis pemrogaman. Arduino Board mampu membaca inputan berupa sensor, tombol dan  mengolah  menjadi  outputan  seperti  mengaktifkan  motor, menyalakan  LED  dan  sebagainya.  Anda  dapat  memprogam  Arduino Board dengan memberikan set instruksi tertentu dengan menggunakan Arduino programming language, dan Software Arduino (IDE).

Mikrokontroller
Menurut Chamim (2012) Mikrokontroler adalah sebuah sistem komputeryang seluruh atau sebagian besar elemennya dikemas dalam satu chip IC,sehingga sering disebut single chip microcomputer. mikrokontroller sering dikenal dengan sebut μC, uC, atau MCU. Terjemahan bebas dari pengertian  tersebut,  bisa  dikatakan  bahwa  mikrokontroller  adalah komputer   yang   berukuran   mikro   dalam   satu   chip  IC   (integrated circuit) yang terdiri dari processor, memory, dan antarmuka yang bisa diprogram.  Jadi  disebut  komputer  mikro  karena  dalam  IC  atau  chip mikrokontroller  terdiri  dari  CPU,  memory,  dan  I/O  yang  bisa  kita kontrol  dengan  memprogramnya.  I/O  juga  sering  disebut  dengan GPIO  (General  Purpose  Input  Output  Pins) yang berarti : pin yang bisa kita program sebagai input atau output sesuai kebutuhan.

Keuntungan  Menggunakan Arduino
Arduino  menyederhanakan  proses  bekerja  dengan  mikrokontroler, tetapi  menawarkan  berbagai  keuntungan  bagi  guru,  siswa,  dan  semua orang yang tertarik dengan Arduio seperti :
Murah–Arduino Board relatif murah kalau di Indonesia dr harga Rp  100.000 –Rp  400.000,  harga  tersebut  bisa  kalian  temukan dari Arduino yang clone sampai Arduino yang asli.
Cross-platform–Software  Arduino  (IDE)  lebih  fleksibel  karena dapat   digunakan   di   Windows,   Macintosh   OSX,   dan   sistem operasi   Linux.   Kebanyakan   software   mikrokontroler   hanya tersedia di Windows.
Sederhana  untuk  dipelajari –Software  Arduino  (IDE)  mudah digunakan untuk pemula dan tingkat lanjut.
Open   Source   dan   Software   ectensible –Perangkat   lunak Arduino  diterbitkan  sebagai  alat  Open  Source.  Bahasa yang digunakan  ialah  bahasa  C  untuk  AVR  dan  dapat  dikembangkan lagi untuk membuat library melalui C++.
Open   source   dan   hardware   extensible –Arduino   Board diterbitkan   di   bawah   lisensi   Creative   Commons,   sehingga desainer   sirkuit   yang   berpengalaman   dapat  membuat   versi mereka sendiri, dan mengembangkan sendiri. Bahkan pengguna yang relatif tidak berpengalaman dapat membangun versi papan arduinountuk memahami cara kerjanya dan menghemat uang.

Contoh proyek menggunakan arduino



0 Comments:

Post a Comment