loading...

Tuesday, May 5, 2020

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog




Kita bisa memanfaatkan blog untuk membuat semacam artikel, tutorial, bahkan informasi, selain itu kita juga bisa mendapatkan uang dari membuat beberapa artikel di blog tapi dengan syarat dan ketentuan tertentu. Hal pertama yang harus dilakukan dalam membuat blok yakni dengan membuka platform blog gratis yang bisa kamu gunakan, seperti Wordpress, blogger milik google, dan sebagainya.
langsung saja berikut cara membuat blog untuk bisa mendapatkan uang
1. Cara Membuat Blog di Google
Membuat blog di Google cukup mudah, asalkan sudah memiliki akun Google. Caranya adalah :
a. Login ke Blogger.com/about/
b. pilih Creatte Your Blog
c.Masukan akun google kamu
d.Kemudian, Masukkan nama blog, alamat blog, atau URL dan pilih template.
e. Lalu Klik Buat blog.

Kemudian kamu bisa mulai membuat konten-konten dalam blog tersebut. Kamu dapat mengelola siapa saja yang boleh mengedit dan membaca blog kamu. Kamu juga bisa mengubah tampilan blog sesuai yang kamu inginkan.

2. Cara Membuat Blog di Wordpress

Membuat blog di Wordpress juga cukup mudah. Caranya adalah :
Klik https://id.wordpress.com/create-blog/
Dan klik 'Mulai blog anda'
Masukan alamat email, nama blog, dan kata sandi yang kamu inginkan.

Sebenarnya di tahap ini, blog kamu sudah selesai dibuat. Hanya ikuti langkah-langkah untuk mengisi tampilan blog saja.
Dengan memasukan Header Blog kamu, dan alamat blog, atau URL.

Selesai itu, kamu bisa mulai membuat konten-konten dalam blog tersebut.

3. Isi Konten

Tulislah konten yang bermanfaat, dan menarik, agar mudah ditemukan dan berguna bagi orang lain. Prinsipnya, konten sebuah blog yang menarik adalah blog yang menginspirasi, menghibur, menyelesaikan masalah, serta mampu mengubah gaya hidup yang lebih baik bagi pembaca.

Hal yang harus kamu hindari adalah menjiplak konten dari orang lain, atau menyebarkan informasi palsu. Maka dari itu, kamu perlu melakukan penelitian, atau pengumpulan bahan yang bisa kamu jadikan tema tulisan atau ulasan artikel blog.

4. Mencari Target Pembaca

Jika ingin menghasilkan uang dari blog yang kamu miliki, mulailah untuk memikirkan target pembaca blog kamu. Kamu bisa melakukan penelitian kecil dengan menjalin komunikasi, dan menanyakan pada pembaca, dari mana mereka berasal dan di mana mereka berkumpul. Sehingga blog kamu sesuai dengan sasaran pembaca.

5. Membangun Kedekatan dengan Pembaca

Respons setiap komentar di unggahan blog kamu, agar mereka merasa lebih dihargai. Lakukan apapun untuk membuat pembaca datang kembali ke blog kamu. Hal ini supaya mempertahankan traffic blog kamu, sehingga data statistik pengunjung blog kamu pun akan meningkat.

Misalnya, dengan cara memberikan kuis atau hadiah menarik. Bila perlu, mintalah pada pembaca untuk menyebarkan konten yang kamu tulis agar blog yang kamu miliki semakin dikenal oleh netizen.


6. Cara Menghasilkan Uang

Setelah selesai membangun blog, baik secara konten maupun pembacanya selanjutnyq adalah kamu harus mengenal dari mana sumber penghasilan dari blog.

a. Pendapatan dari Iklan

Umumnya, salah satu penghasilan yang bersumber dari blog adalah dari iklan yang kamu pasang. Prinsipnya sama seperti media lain, seperti koran ataupun majalah yang menjual kolom iklan.

Semakin tinggi traffic blog yang kamu miliki, semakin mahal harga ruang iklan di blog kamu. Salah satu tips yang perlu kamu jalankan adalah dengan memasang Google AdSense untuk meningkatkan traffic blog kamu.

b. Pendapatan dari Afiliasi

Afiliasi yang dimaksud dalam dunia blogging adalah, menjadikan konten yang kamu tulis untuk mengarahkan pembaca, agar membeli, menggunakan, atau melihat produk yang dijual di situs lain.

Biasanya, akan ada komisi sesuai kesepakatan antara kedua belah pihak. Jika kamu memiliki pembaca yang setia, kemungkinan pembaca blog kamu akan mengikuti rekomendasi yang telah kamu buat sangat besar.

c. Recurring Income

Yang dimaksud recurring income adalah, dengan cara menerapkan keanggotaan program. Itu artinya untuk member tertentu, mereka bisa mengakses konten premium yang tidak di dapatkan oleh anggota regular atau yang tidak berbayar.

d. Jasa atau layanan

Blog yang kamu miliki pun bisa digunakan untuk menawarkan jasa atau layanan yang kamu miliki. Misal jasa konsultasi, pelatihan, penulisan, desain, hingga layanan-layanan lain yang sifatnya freelance.

Lebih mudahnya kamu tidak akan mendapatkan potongan jika client langsung menghubungi kamu. Berbeda halnya jika kamu menjadi freelancer menggunakan pihak ketiga.

e. Jual Produk

Produk-produk yang umumnya dijual oleh blogger adalah, berupa buku mau pun barang-barang yang sifatnya tidak terlalu jauh dari kegiatan blogging. Produk buku memang tergolong cukup memakan waktu, lantaran harus dipikirkan secara matang.

Namun keuntungannya jika kamu memasarkan sendiri melalui blog pribadi kamu, buku yang dijual tak akan dikenakan margin. Tidak seperti jika kamu menjual buku melalui sistem konsinyasi di toko buku.

f. Mengadakan Event

Bagi telah memiliki pembaca setia, bisa mengundang pembaca ke dalam event kamu dan menerapkan tarif. Dan dari sinilah kamu bisa mendapatkan pemasukan.

Bagi yang belum pernah membuat event sendiri, kamu bisa memulainya dengan event pertemuan antar blogger, maupun pembaca dalam skala yang kecil terlebih dahulu. Selain mendapatkan income dari tarif tiket, kamu pun bisa mencari sponsor event yang kamu buat tersebut.

Sekian terima kasih

1 Comments:

  1. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    ReplyDelete